Sabtu, 17 Mei 2008

APAKAH SAJA PERSYARATAN MENJADI MED-REPS?

Dalam artikel ini saya tidak berniat untuk mencari med-reps, namun hanya ingin berbagi informasi mengenai persyaratan untuk menjadi seorang med-rep barangkali dari pembaca ada yang ingin mengetahui dan atau bahkan ingin mencoba melamar peker jaan di suatu perusahaan farmasi di bidang marketingnya, kalau di bidang produksi tentunya persyaratannya berbeda dengan yang saya informasikan di bawah ini:


Perusahaan farmasi memiliki standar yang berbeda-beda dalam mencari calon med-rep nya, tapi yang saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya, persyaratan di bawah ini biasanya yang dibutuhkan. Karena itu simaklah baik-baik, tapi buat yang tidak ingin menjadi med-rep, saya tidak memaksa Anda untuk memenuhi persyaratan tersebut.


Rata – rata perusahaan farmasi membutuhkan pria/wanita berusia antara 20th-30th. Jika belum berumah tangga biasa nya lebih diutamakan.


Pendidikan minimal adalah SMK/SMU/SAA/D3/S1 segala jurusan, asal mau bekerja, untuk saat ini banyak perusahaan farmasi yang hanya mau menerima lulusan D3/S1. Tapi untuk Anda yang lulusan SMU sederajat jangan khawatir karena masih ada kok perusahaan farmasi yang mau menerima Anda, apalagi jika Anda memiliki pengalaman di bidang yang sama. Lalu bagaimana jika tidak ada background farmasi? Jangan takut karena jika diterima Anda akan mendapatkan pelatihan untuk pengetahuan produk dan cara bekerjanya.


Pengalaman kerja tidak diutamakan namun akan dipertimbangkan.


Memiliki kendaraan sendiri dan minimal sim C. karena banyak perusahaan tidak member inventaris kendaraan untuk med-rep, sehingga diwajibkan memiliki kendaraan minimal motor. Terserah itu motor orang tua Anda, saudara, atau milik Anda sendiri, lengkap dengan surat suratnya tentunya, yang penting motornya bukan motor curian, salah-salah Anda bisa dauber-uber polisi dan merusak nama baik perusahaan. Anda akan mendapatkan tunjangan kendaraan bagi perusahaan yang tidak menyediakan inventaris kendaraan operasional. Besarnya cukuplah untuk operasional Anda membeli bensin, service, ganti oli.


Memiliki keinginan kuat untuk bekerja, siap menghadapi tantangan, dan siap bekerja di bawah tekanan, bekerja dengan target.


Ini yang penting juga, harus bersedia ditempatkan di manapun. Harus bersedia ditempatkan di luar daerah, luar kota, luar pulau, tentunya bukan di pedalaman sih… di pedalaman kan dokternya tidak ada, apotek juga tidak ada. Jadi tetap di kota.


Berpenampilan menarik, mampu berkomunikasi dengan baik, dan sehat jasmani dan rohani.


Tidak sedang menempuh study, bekerja pada perusahaan lain, memiliki pekerjaan sampingan.


Sanggup bekerja dalam tim.


Kira –kira itulah persyaratan utamanya, untuk persyaratan tambahan biasanya tergantung pada perusahaan farmasi nya. Jika Anda sedang mencari pekerjaan dan memiliki persyaratan di atas, tidak ada salahnya mencoba melamar di perusahaan farmasi sebagai med-rep.