Sabtu, 31 Mei 2008

KEUNTUNGAN MENJALANI PROFESI MED-REPS



Pada saat saya pertama kali menjadi med-rep, saya bertanya-tanya manfaat apa sajakah yang bisa saya peroleh jika menjadi seorang med-rep? Ternyata setelah menjalani profesi ini sekitar 5 tahun saya merasakan cukup banyak manfaat yang saya peroleh selama menjadi med-rep yang sebelumnya belum pernah saya bayangkan akan terjadi di kehidupan saya.


Dari segi pengalaman jelas banyak yang saya peroleh dan menurut banyak orang, pengalaman itu sesuatu yang mahal harganya dan tidak bisa dinilai dengan uang semata, dari pengalaman, orang bisa memperoleh lebih banyak cara menyelesaikan masalah masalah dalam hidupnya.


Manfaat yang pertama jelas lah dari segi income yang lumayan. Seorang lulusan SMU saja yang menjalani profesi ini dari segi income menyamai bahkan bisa melebihi income seorang lulusan S1.


Kemudian dengan pekerjaan ini pun saya menambah banyak relasi, terutama dari kalangan orang orang dengan pendidikan yang cukup tinggi, seperti dokter, dokter spesialis, professor, apoteker, dan banyak lagi. Memiliki relasi demikian sedikit banyak menambah pengetahuan tentang penyakit dan obat obatan. Sehingga terkadang banyak juga teman-teman atau saudara yang bertanya tentang obat atau penyakit tertentu dan penanganannya kepada saya, ada rasa bangga jika bisa membantu mereka, seakan akan menjadi dewa penolongnya.


Karena beberapa kali dipindah tugaskan di kota yang berbeda, otomatis menjadi tambahan pengalaman sendiri yaitu jadi mengenal jalan – jalan di kota tertentu, mengenal kultur budaya kota tertentu, menambah relasi dari kalangan lainnya juga di kota – kota yang berbeda. Tentu hal ini juga sangat mengasyikan bukan, kita bisa memiliki lebih banyak kenalan dan sahabat-sahabat baru.


Di profesi ini sering kali juga bersama dengan atasan, mengajak dokter dan keluarganya untuk makan bersama, sekedar untuk lebih mendekatkan hubungan dengan dokter dan keluarga dokter, sehingga sebagai med-rep mendapatkan kesempatan juga untuk dapat mengetahui restoran – restoran yang lumayan mahal, dan ikut pula menikmati kelezatan makanan- makanan nya. Gratis lagi, wah jarang – jarang bisa menikmati yang seperti ini di pekerjaan kantoran lho.


Dan kemudian jika perusahaan memberikan program khusus bagi para marketingnya untuk ke luar negri jika dapat memenuhi target pertumbuhan yang di tetapkan perusahaan, maka dapat lah pula kesempatan untuk mengunjungi Negara lain dengan gratis plus uang saku dari perusahaan, menarik bukan?


Selain keuntungan-keuntungan tersebut pastilah masih ada keuntungan lain dari menjalani profesi ini.